Artikel Terbaru

Apa Itu Teknologi, Jenis, beserta Contoh Perkembangannya


Apa itu Teknologi ?
 Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. 

Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin.

Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. Ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. 

Semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, Teknologi adalah alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari hari.


Sejarah Teknologi Masa Ke Masa
  1. Masa pra-Sejarah
Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.
  1. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern
Pada masa ini, teknologi sudah mulai maju dengan adanya penemuan bahwa pada masa itu manusia telah mengembangkan teknologi dibidang atronomi, matematika, pemetaan.
  1. Teknologi era Revolusi Industri
Perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.
  1. Teknologi di Abad 20
    Pada masa ini. Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan. Teknologi dalam bidang lain pun berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan untuk umum dan komersil.
  2. Perkembangan Teknologi Abad 21

    Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, dan hal lainnya.

Jenis Perkembangan Teknologi Di Beberapa Bidang

Perkembangan dapat dilihat dari aneka inovasi teknologi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi  menyentuh berbagai macam sektor, mulai dari
  1.  Dibidang Transportasi

    Salah satu kemajuan dalam bidang transportasi ini adalah adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang mempermudah seseorang untuk mengangkut barang atau bepergian dari 1 temat ke tempat lain dengan mudah.
  2. Dibidang Pendidikan

    Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.
  3. Dibidang Pertanian

    Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pertanian adalah, berkembangnya sistem perairan, pemupukan, pemanenan jadi lebih baik. Sehingga para petani dapat mendapatkan hasil yang lebih baik
     
  4. Dibidang Komunikasi

    Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh.

Beberapa Perkembangan Teknologi Yang Di Ciptakan Anak Bangsa

Ingin tau, apa saja perkembangan teknologi yang diciptakan anak bangsa?

Tidak ada komentar