Artikel Terbaru

Apa Itu Artificial Intelligence? Kecerdasan Buatan Untuk Masa Depan


Artificial Intelligence (AI ) -  atau bisa disebut dengan kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sederhananya gini sebuah instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun mesin.

Perkembangan teknologi semakin pesat, para ahli terus mengembangkan teknologi agar semakin canggih untuk berguna bagi manusia di suatu hari nanti. Dengan adanya perkembangan teknologi terbaru ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaannya ataupun mengerjakan sesuatu hal.

Lalu apa tujuan dari dibuatnya AI itu sendiri ?
  1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama). Misal kita ambil contoh komputer, mesin itu dibuat yang awal mulanya hanya bisa digunakan untuk mengetik begitu dikembangkan fungsinya sehingga dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti bermain game, mulitmedia, editing, dll.
  2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah). Seiring dengan laju perkembangan teknologi dengan diciptakannya artificial intelligence itu sendiri dianggap mampu membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, efisien, dan lebih teliti.
  3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial). Keadaan AI pada mesin dapat meningkatkan akurasi pemrosesan. Hal ini tentunya membuat pekerjaan pun menjadi lebih ringan dan dapat memberikan hasil secara maksimal.
 Artificial Intelligence Gunakanlah Sebaik Mungkin Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik
Selanjutnya ada nggak keuntungan lain dan kerugiannya AI itu ?
  • Keuntungan
  1. Memudahkan pekerjaan manusia, dibeberapa bidang seperti dibidang pendidikan, dibidang keamanan, dan dibidang hiburan.
  2. Digunakan untuk menambah tenaga kerja, contohnya dibidang pertahanan dan kemanan. Contohnya drone tanpa awak, dengan adanya drone tersebut suatu negara dapat melihat suatu lokasi dengan keadaan kerusuhan atau lokasi yang sedang konflik
  • Kerugian
  1. Membuat manusia menjadi manja, maksudnya ketika Artificial Intelligence semakin berkembang nantinya membuat manusia lebih dimanjakan dengan teknologi tersebut. Makanya janganlah terlena dengan perkembangan teknologi
  2. Berkurangnya rasa privasi orang, kenapa demikian? Karena dengan adanya alat - alat yang diciptakan untuk mengintai seseorang, sehingga itu yang membuat orang tersebut tidak lagi memiliki ruang privasi sendiri.

Dalam bidang pendidikan

eLearning adalah salah satu perkembangan teknologi dibidang pendidikan, yang digunakan untuk belajar online melalui komputer dan internet. Serta dibuatnya robot sebagai tambahan tenaga pengajar yang sudah dikembangkan dibeberapa negara.

Dalam bidang pertahanan dan keamanan 

Dengan AI di perkembangan teknologi ini membuat nyawa para prajurit tidak akan banyak yang hilang karena kapal tempur tidak lagi menggunakan awak kapal melainkan hanya menggunakan teknologi AI ini.

18 komentar:

  1. Membantu sekali untuk materi presentasi

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat kak, jadi tau AI itu sebenernya apa hhe

    BalasHapus
  3. Wahh bagus nihh ,bermanfaat juga bisa memudahkan pekerjaan manusia

    BalasHapus
  4. Karena artikel ini saya dapat mengetahui AI Intellegent

    BalasHapus
  5. Waw sangat keren dan informatif

    BalasHapus
  6. Wah baru tau ada teknologi seperti ini!

    BalasHapus
  7. Informasi yang sangat mantul !

    BalasHapus